1001 Nights

Dongeng dan fantasi adalah dua tema yang paling menarik untuk buku atau film. Misalnya yang belum lama ini kubaca Howl's Moving Castle (ya ya, ini memang novel yang sudah cukup lama). Novelnya cukup menarik meskipun jika tidak dibaca baik-baik, terkadang ada bagian penting terselubung yang bisa saja terlewat. Versi animasinya lebih menarik lagi menurutku. Meskipun jalan cerita yang jauh berbeda dengan buku agak membuatku bingung pada awalnya. Dan karakter tiap tokohnya rasanya tidak digali sedalam di buku. Tapi overall, kedua versinya sama-sama bagus.

Howl adalah dongeng yang menarik. Tapi cerita yang baru kubaca kemarin ini, ceritanya sangat cantik sehingga aku tanpa sadar melupakan kisah Howl.

A night of thousands dream, 1001 nights, kisah seribu satu malam. Kurasa itu judul yang cukup familiar di telinga. Tapi kisah aslinya, baru kubaca kemarin ini (atau tadi pagi?). Dongeng dan fantasi, siapa bilang kedua genre itu hanya ditujukan untuk anak kecil? A night of thousand dreams menceritakan legenda-legenda menarik, mengerikan, menyedihkan, mengharukan... I fall in love with this story as soon as i read the first page.

Yang aku ingat mengenai cerita ini (sebelum membacanya kemarin), intinya adalah tentang seseorang yang menunda kematiaannya dengan menceritakan 1000 kisah sehingga akhirnya ia tidak jadi dipenggal. Yang aku tidak tahu adalah kisah tentang sang Sultan yang mengalami trauma dengan perempuan, hingga ia akhirnya setiap hari ia menikahi seorang gadis dan memenggal kepala istrinya keesokan hari. Hingga akhirnya seorang gadis yang ingin menghentikan tirani sang sultan sengaja menawarkan diri menjadi istri sang sultan. Ia lalu menceritakan kisah-kisah pada sang sultan tiap malam, hingga setelah malam keseribu, sang sultan menyadari kesalahannya dan bahwa ia telah jatuh cinta pada sang gadis.

Aku membacanya dalam bentuk manhwa yang berjudul sama. Sultan Baghdad yang membenci kaum hawa karena merasa dibohongi oleh ibu dan istrinya. Hingga kedatangan Sehara yang menceritakan padanya kisah-kisah yang memiliki arti mendalam. Cleopatra, Socrates, banyak nama-nama familiar yang muncul dalam cerita yang bersudut pandang sama sekali baru. It's really beautiful.

That's it for today. Entah kenapa rasanya jadi seperti blog resensi, hhaha.. Anyway, seminggu ini cuma ada sanlat. Doa'in aja acaranya nggak membosankan :p

Leave a Reply